Mengatasi Restart Windows Lama

Lingkaran yang berputar di layar biru pada Windows terlalu lama saat melakukan restart dapat menjadi masalah karena anda tidak akan dapat mengakses sistem. Untuk mengatasi masalah restart PC Windows lama, disarankan untuk menghapus perangkat keras yang baru saja anda instal karena mungkin tidak kompatibel dengan sistem yang digunakan.


Windows 10 Restart lama


Cara Mengatasi Restart Windows Lama atau Stuck


Anda juga perlu memperhatikan pengaturan overclock dan memeriksa apakah ada masalah dengan RAM. Masalah lainnya juga bisa disebabkan oleh Driver yang tidak kompatibel, ini dapat mengakibatkan Windows terjebak dalam reboot berulang.

  • Lakukan restart PC/Laptop tanpa menyambungkan perangkat eksternal.
  • Mematikan PC/Laptop secara paksa.
  • Mengakhiri proses yang tidak responsif sebelum melakukan restart.
  • Mengatasinya menggunakan Windows Troubleshooter.


Restart tanpa menyambungkan perangkat

Kemungkinan karena adanya driver berbeda yang masuk dan menyebabkan konflik, hal ini dapat mengakibatkan masalah restart PC lama bahkan stuck di layar restart yang dapat disebabkan dari driver dengan software pihak ketiga.

  1. Lepas semua perangkat eksternal yang tersambung seperti, eksternal SSD, headphone, dan sebagainya, kemudian restart PC anda.
  2. Setelah berjalan dengan baik, anda dapat menyambungkan kembali perangkat eksternal.
  3. Tekan tombol Windows + X dan pilih Device Manager.
  4. Pilih kategori untuk melihat perangkat lalu klik yang ingin diperbarui, pilih Update Driver.
  5. Anda dapat memilih Uninstall dan akan menginstal ulang driver secara otomatis sesudahnya. Kemudian restart PC anda.

Pastikan untuk melakukan update driver untuk perangkat keras yang ditampilkan pada Device Manager. Masalah restart lama di PC kemungkinan bisa terjadi karena konflik driver, yang seharusnya hanya menggunakan keyboard dan mouse di komputer anda.


Mematikan paksa Laptop atau PC Windows

Restart lama yang dikarenakan berbagai alasan, untuk mengatasi masalah tersebut anda memerlukan restart untuk dapat menerapkan perubahan atau memberbaiki secara otomatis. Untuk itu anda dapat mematikan PC secara paksa dengan menekan tombol power setidaknya 5, 6 detik, atau selama yang dibutuhkan untuk mematikan komputer.


Mengakhiri proses yang tidak responsif

Salah satu penyebab kenapa restart PC lama karena ada proses tidak responsif yang ada di background. Mungkin karena Windows mencoba untuk menerapkan pembaruan dan terhenti saat anda melakukan restart. Salah satu solusi untuk mengatasi laptop/PC restart lama adalah dengan mematikan proses yang tidak responsif melalui task manager, berikut adalah caranya:

  1. Buka Task Manager dengan klik kanan dibagian taskbar.
    membuka task manager

  2. Masuk ke tab Processes, kemudian klik kanan lalu pilih End task pada program yang tidak menganggu proses start-up komputer.
  3. Tutup Task Manager.


Menggunakan Windows Troubleshooter

Anda dapat menggunakan Windows Troubleshooting yang bisa ditemukan di control panel untuk mengatasi masalah restart PC lama secara otomatis jika ditemukan permasalahan.


  1. Buka control panel dengan menekan tombol Windows + R, ketik Control Panel.
  2. Ganti mode lihat di bagian kanan atas menjadi Small icons.
  3. Pilih Troubleshooting.
    view by small icons and klik troubleshooting

  4. Pada panel sebelah kiri klik View all.
  5. Cari dan klik pada System Maintenance.
  6. Dibagian bawah pilih Apply repairs automatically.
    Apply repairs automatically

  7. Klik next dan ikuti petunjuk yang muncul di layar. Setelah selesai restart PC anda.

Menonaktifkan Aplikasi Startup

Langkah pertama, nonaktifkan aplikasi startup yang tidak perlu. Gunakan Task Manager untuk ini. Klik kanan pada taskbar, pilih Task Manager, dan buka tab "Startup".


Di sini, Anda lihat daftar aplikasi yang berjalan otomatis. Pilih aplikasi yang tidak penting, lalu klik "Disable". Ini akan mempercepat waktu reboot dan meningkatkan kinerja sistem.


Mengurangi Efek Visual di Windows 10

Windows 10 menawarkan banyak efek visual yang membuat tampilannya lebih menarik. Namun, efek-efek ini bisa mengganggu kinerja, terutama di perangkat dengan spesifikasi rendah. Untuk meningkatkan responsivitas sistem, mengurangi efek visual windows 10 bisa membantu. Berikut langkah-langkahnya.


Menonaktifkan Transparansi

Menonaktifkan transparansi adalah cara efektif untuk mengurangi beban sistem untuk mengatasi restart laptop atau komputer lambat. Transparansi pada jendela dan menu bisa mengganggu performa. Dengan menonaktifkannya, Anda akan mendapatkan lingkungan kerja yang lebih ringan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings.
  2. Pilih Personalization.
  3. Klik pada Colors.
  4. Nonaktifkan opsi Transparency effects.
    Cara menonaktifkan transparansi windows


Nonaktifkan Efek Visual Lainnya

Anda juga bisa nonaktifkan efek visual lain yang tidak penting. Ini membantu mengurangi efek visual windows 10 secara keseluruhan:

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih System and Security, kemudian klik System.
  3. Klik Advanced system settings.
  4. Pada tab Advanced, klik Settings di bawah Performance.
  5. Pilih Adjust for best performance untuk menonaktifkan semua efek visual, atau pilih Custom untuk memilih efek yang ingin dinonaktifkan.
    Cara Mengatasi Restart PC Windows 10 Lambat


Penyebab PC atau Laptop Windows 10 Lambat saat Restart

Perangkat PC atau laptop Windows 10 lambat saat restart bisa disebabkan karena berbagai alasan. Penting untuk mengetahui penyebabnya agar bisa mengatasinya. Beberapa masalah umum termasuk RAM yang terlalu banyak, hardware yang tidak cukup, dan virus atau malware.


Pemakaian RAM Berlebihan

Pemakaian RAM yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab utama. Banyak aplikasi yang berjalan bersamaan bisa mengganggu sistem. Ini membuat sistem di laptop atau PC Anda lambat. Jika RAM hanya 2GB, Windows 10 bisa jadi lebih lambat.


Kualitas Hardware yang Tidak Mendukung

Hardware yang buruk juga bisa jadi masalah. Hard disk yang sudah tua atau tidak cocok bisa membuat Windows lambat. Mengganti ke SSD bisa membuat PC atau laptop lebih cepat saat restart atau startup.


Adanya Virus atau Malware

Virus atau malware juga bisa membuat PC atau laptop Anda lambat. Mereka bisa mengganggu proses dan memperlambat sistem. Lakukan pemindaian rutin untuk menjaga keamanan dan kecepatan.


EmoticonEmoticon